RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : PKn
:
MTK
:
IPA
Tema : Kegiatan sehari-hari
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : 2 (dua)/ II
Alokasi waktu : 1 x pertemuan
(2x35 menit)
A.KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
Mata pelajaran PKn
Kompetensi Dasar
1. Menghargai
suara terbanyak
Indikator
-
Membiasakan hidup bermusyawarah dalam
kehidupan sehari-hari
-
Menjelaskan tentang pentingnya arti
bermusyawarah
-
Menjelaskan bahwa setiap peserta
musyawarah berhak memberikan satu hak suaranya
-
Mengarahkan bahwa dalam bermusyawarah
terdapat banyak perbedaan dan harus menjunjung tinggi pendapat orang lain
-
Menjelaskan tentang hasil suara
terbanyak
Mata pelajaran MTK
Kompetensi
Dasar
1.
Melakukan perkalian dengan bilangan dua
angka
Indikator
-
Memecahkan masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang melibatkan perkalian
-
Melakukan perkalian dengan bilangan 1
dan 0 atau seterusnya
Mata pelajaran IPA
Kompetensi
Dasar
1. Mengidentifikasi
jenis energy yang paling sering di gunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
Indikator
-
Menjelaskan penggunaan energy dalam
kehidupan sehari-hari untuk berbagai tujuan
-
Menjelaskan cara menghemat energy
-
Menjelaskan tentang pentingnya energy
dalam kehidupan sehari-hari
B.MATERI PEMBELAJARAN
PKn
Membiasakan
siswa hidup bermusyawarah dalam kehidupan sehari-hari
MTK
Memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan perkalian
IPA
Penggunaan
energy dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghematnya.
C.STRATEGI PEMBELAJARAN
Karakter yang dikembangkan
-
Berani
-
Rasa ingin tahu
-
Demokratis
D.METODE
PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
E.LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.KEGIATAN AWAL
- Salam, mengajak siswa berdo’a diteruskan
mengabsen siswa
- Menginformasikan tema yang akan dipelajari
- memberi yel-yel
2.KEGIATAN INTI
*
Guru menjelaskan
tentang membiasakan hidup bermusyawarah dalam kehidupan sehari- hari
* Siswa diajak guru bermusyawarah dalam kelas
untuk memilih ketua kelas
* Guru menjelaskan tentang perkalian
* Siswa secara individu mengerjakan soal
cerita yang berhubungan dengan perkalian
*
Guru memperlihatkan gambar dari manfaat berbagai energi
*
Siswa diminta untuk menulis pada
lembar tugas tentang manfaat dari energi dalam kehidupan sehari-hari dan cara
menghematnya
*
Guru membagikan lembar soal ke siswa untuk di kerjakan
3.KEGIATAN PENUTUP
- Siswa di bombing untuk menarik kesimpulan
dari apa yang telah dibahas
- Tindak lanjut dengan memberikan pembiasaan
untuk selalu membiasakan hidup bermusyawarah dalam kehidupan sehari-hari
F.ALAT DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Gambar manfaat dari energi
2. Buku-buku pengetahuan
3. Buku Pembelajaran Terpadu dengan
pendekatan tematik SD kelas 2, Penerbit Erlangga
G.PENILAIAN
1. Penilaian Lisan ( dalam proses
pembelajaran )
2. Penilaian Tingkah laku ( melalui
pengamatan )
3. Penilaian unjuk kerja ( dalam proses
pembelajaran
4. Test ter
Mengetahui Gresik,29
Pebruari 2013
Kepala Sekolah Guru
Kelas
LEMBAR SOAL MATEMATIKA
Nama
:……………………………….
Kelas
: ……………………………….
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat !
1. Brenda
membeli 6 keranjang jeruk. Setiap keranjang berisi 8 buah jeruk. Berapa jumlah
seluruh jeruk yang di beli Brenda ?
2. Pak
Agus mempunyai 20 ekor sapi. Berapa jumlah kaki sapi Pak Agus ?
3. Intan
membeli 7 bungkus bros. Setiap bungkus berisi 3 keping. Bberapa jumlah seluruh
bros yang di beli intan ?
4. Siswa
kelas 2 sedang berbaris
Setiap baris terdiri dari 12 anak
Jika terdapat 3 baris, berapa jumlah
seluruh siswa kelas 2 ?
5. Setiap
kelompok terdiri atas 5 anak. Setiap anak harus membawa dua lembar kertas
berwarna. Jika ada 7 kelompok, berapa lembar jumlah kertas karton yang harus di
bawa ?
LEMBAR SOAL IPA (ILMU PENGETAHUAN
ALAM )
1.
Kompor
minyak tanah mendapatkan energy dari…..
2.
Kompor
listrik mendapatkan energy dari ….
3.
Panas
dari setrika digunakan untuk ….
4.
Dispenser
digunakan untuk memanaskan dan
Mendinginkan
air minum
5.
Pemanggang
roti di gunakan untuk ….
Lembar Refleksi Pelaksanaan Praktek
Pembelajaran terpadu
Bagaimana cara saya
memilih Tema untuk pembelajaran
terpadu ? dengan memadukan materi RPP mangaitkannya kemudian menentukan tema
yang sesuai
Apa yang saya rasakan
saat melakukan praktek Pembelajaran Terpadu di kelas saya sendiri ?
Saya merasa senang
karena anak lebih mudah menangkap materi yang di sampaikan guru
Masalah/kendala apa
yang saya alami saat melakukan praktek Pembelajaran Terpadu di kelas saya
sendiri ? dalam menyampaikan materi yang ada kaitannya dengan MTK perlu waktu
agak lebih
Bagaimana reaksi/kesan
siswa saya pada saat saya melakukan praktek pembelajaran terpadu di kelas ?
Secara keseluruhan semua siswa antusias dengan system pembelajaran seperti ini
karena siswa lebih aktif dan mereka sangat senang
Apa komentar/ saran
teman sejawat/ kepala sekolah terhadap penampilan saya saat praktek
melaksanakan pembelajaran terpadu ? Alhamdulillah kepala sekolah mengacungkan
jempol pada saat saya melakukan pembelajaran ini
Nama saya :
NIM :
Tempat/Alamat Mengajar :
Jumlah siswa saya :
mkasiih....sgt mmbantu
BalasHapustrimaksh, sngat membantu.
BalasHapusmantap, sangat membantu sekali
BalasHapusBagus sekali
BalasHapusDan sangat membantu semoga jadi ladang amal pahala,aamiin
Membantu sekali
BalasHapusTetima kasih
TERIMA KASIH SANGAT MEMBANTU SAYA..
BalasHapusTerimakasih sangat membantu untuk contoh saya membuat RPP
BalasHapus